Pages

welcome to sports news

Tips for exercising safely without disturbing your health. Certainly the assumption of each person usually considers the exercise will make them healthier and away from the disease. is true if the exercise is done safely. Safe as used here is not only silent with few simple movements, As only the lifting and lowering his hand. Safe is intended to adjust to the condition of your body while doing sports activities

Sehat Dan Sakit

Tuesday, April 17, 2012


Sehat dan sakit  adalah biopsikososial yang menyatu dengan kehidupan manusia. Pengenalan manusia terhadap kedua konsep ini kemungkinan bersamaan dengan pengenalan terhadap kondisi dirinya.
            Sehat (healty) adalah konsep yang tidak mudah di artikan sekalipun dapat kita rasakan dan diamati. Misalnya orang tidak memiliki keluhan-keluhan fisik di pandang sebagai orang yang sehat. Sebagai masyarakat juga beranggapan oaring yang gemuk adalah orang yang sehat dan sebagainya.jadi factor subjektif dan cultural juga mempengaruhi pemahaman dan pengertian orang tehhadap konsep sehat.
           Sebagai satu acuan untuk memahami konsep “sehat”, World Health Organitation (WHO) merumuskan dalam cangkupan yang sangat luas yaitu, “keadaan yang sempurna baik fisik, mental maupun sosial, tidak  hanya terbebas dari penyakit atau kelemahan/cacat”. Sehat  bukan sekedar terbebas dari penyakit atau  cacat. Orang yang tidak berpenyakitanpun belum tentu dikatakan sehat. Semestinya dia dalam keadaan yang sempurna baik fisik, mental atau sosial.
Pengertian ini merupakan suatu keadaan ideal dari sisi biologis, psikologis dan sosial. Konsep “sakit” terkait dengan tiga konsep, dalam bahasa inggris yaitu disease illness dan sickness. Yang ketiga istilah ini mengandung pengertian yang berdimensi bispikososial. Disease  berdimensi biologis, illness berdimensi psikologis, sickness berdimensi sosiologis (Calhoun, dkk, 1994).
 Diaease penyakit berarti suatu penyimpangan yang simptomnya diketahui lewat diagnosis. Penyakit berdimensi biologis dan obyektif, bersifat independen terhadap pertimbangan-pertimbangan psikososial, tetap ada tanpa dipengaruhi keyakinan orang atau masyarakat terhadapnya.
Illness adalah konsep psikologis yang menunjuk pada persaan, persepsi, atau pengalaman subyektif seseorang tentang ketidaksehatannya atau keadaan tubuh yang dirasa tidak enak. Sebagai pengalaman subjektif, maka illness ini bersifat individual.
Sedangkan sicknesss merupakan konsep sosiologis yang bermakna sebagai penerimaan sosial terhadap seseorang sebagai orang yang sedang mengalami kesakitan (illness atau disease). Dalam keadaan sickness ini orang dibenarkan melepaskan tanggung jawab, peran, atau kebiasaan-kebiasaan tertentu yang dilakukan saat sehat karena adanya ketidaksehaan.

0 comments:

Post a Comment

 
sports news © 2011 | Designed by ardana, in collaboration with info iklan, Physics education and bali creative tour