Pages

welcome to sports news

Tips for exercising safely without disturbing your health. Certainly the assumption of each person usually considers the exercise will make them healthier and away from the disease. is true if the exercise is done safely. Safe as used here is not only silent with few simple movements, As only the lifting and lowering his hand. Safe is intended to adjust to the condition of your body while doing sports activities

Sebuah Ironi Sepak Bola

Monday, April 16, 2012


Menyambung posting terdahulu saya tentang Meninggalnya pemain Italia dari klub Livorno, Piermario Morosini. Kejadian ini menambah daftar pesepakbola yang kehilangan nyawa karena gangguan jantung yang menyerang di lapangan. Berikut ini adalah tragedi kolapsnya enam pesepakbola di tengah lapangan akibat serangan jantung sejak tahun 2003 yang berujung pada kematian mereka:
“Marc-Vivien Foe”
Pemain tengah asal Kamerun ini menjadi pemain pertama yang meninggal diatas lapangan setelah memasuki milenium baru. Peristiwa itu terjadi pada 26 Juni 2003, saat timnas Kamerun bertemu Kolombia di babak semifinal Piala Konfederasi. Foe yang kolaps di saat pertandingan memasuki menit ke-72, akhirnya wafat setelah dilakukan penanganan selama 45 menit oleh tim medis.
Penyebab meninggalnya pemain pinjaman Manchester City dari Lyon itu dalam istilah medis disebut sebagai hypertrophic cardiomyopathy. Salah satu jenis penyakit jantung ini memang sering menjadi penyebab seorang atlet bisa meninggal secara mendadak
“Miklos Feher”
Miklos Feher mendapatkan serangan jantung saat memperkuat klub yang dia bela, Benfica dalam laga tandang melawan Vitoria de Guimaraes dalam lanjutan Liga Portugal. Penyerang asal Hungaria itu tampil sebagai penyerang pengganti dan menyumbangkan satu assist atas gol yang dicetak oleh Fenando Aguilar. Saat pertandingan memasuki babak tambahan waktu, Feher tampak membungkuk dan kesakitan di tengah lapangan.
Tim medis yang datang memberikan prosedur penanganan untuk pasien serangan jantung, CPR. Feher yang sempat mendapatkan perawatan di rumah sakit akhirnya dikabarkan meninggal menjelang tengah malam
“Serginho”
Pemain klub Sao Caetano, Paulo Sergio Oliveira da Silva, atau yang biasa disebut Serginho, meninggal pada 27 Oktober 2004. Serginho yang turun bermain dalam laga Sao Caetano melawan Sao Paolo itu terjatuh di atas lapangan karena terkena serangan jantung. Dalam proses otopsi yang dilakukan sesudahnya, ditemukan fakta bahwa jantung pemain 30 tahun itu mengalami pembekakan karena memiliki berat 600 gram, dua kali dari berat normal jantung manusia.
“Antonio Puerta”
Antonio Puerta meninggal karena mendapatkan serangan jantung pada partai pembuka La Liga di musim 2007/2008. Turut ambil bagian saat membela Sevilla menjamu Getafe di Ramon Sanxhez Pizjuan, pemain 22 tahun itu kehilangan kesadaran di menit ke-35 karena kolaps akibat serangan jantung. Puerta yang mengoleksi satu cap di timnas Spanyol itu akhirnya meninggal di rumah sakit pada 28 Agustus 2007 setelah mendapatkan perawatan selama tiga hari di rumah sakit
“Phil O'Donnell”
Pemain berjuluk 'Uncle Phil' ini tak sadarkan diri di atas lapangan saat memperkuat Motherwell melawan Dundee United pada 27 Desember 2007 silam. O'Donnell yang mendapatkan penganangan di Wishaw General Hospital dinyatakan meninggal 18 jam setelah dia tumbang di atas lapangan. Hasil otopsi yang dilakukan pada 1 Januari 2008 menyebutkan pemain berjuluk asal Skotlandia ini meninggal akibat gagal jantung.
Itulah nama-nama pemain yang meninggal akibat serangan jantung saat di tengah lapangan. Dan masih banyak nama lagi yang tercatat dalam sejarah sepak bola Dunia. Walaupun ada beberapa nama yang selamat dari penyakit ini, kita harus tetap waspada. Seorang atlet yang kesehatanya sudah sangat diatur dengan baik saja bias terkena, apalagi kita… mari cek dulu kesehatan kita sebelum mulai berolahraga.

“ase”

0 comments:

Post a Comment

 
sports news © 2011 | Designed by ardana, in collaboration with info iklan, Physics education and bali creative tour