Pages

welcome to sports news

Tips for exercising safely without disturbing your health. Certainly the assumption of each person usually considers the exercise will make them healthier and away from the disease. is true if the exercise is done safely. Safe as used here is not only silent with few simple movements, As only the lifting and lowering his hand. Safe is intended to adjust to the condition of your body while doing sports activities

Olahraga Bagi Seseorang yang memiliki Usia “senja”

Monday, March 26, 2012

Olahraga bukanlah suatu kegiatan yang membedakan usia. Segala usia bisa melakukan kegiatan olahraga selama tubuhnya masih kuat untuk menjalankannya. Khusus bagi seseorang yang berusia 50 tahun ke atas, disarankan untuk melakukan olahraga ringan dan tidak menggunakan beban berat. Bahwasannya, kondisi tulang seseorang yang berusia lanjut ini lebih rapuh dibandingkan dengan tulang saat mereka masih muda, tulang mereka mulai mengalami pengeroposan dan mulai kehilangan kepadatan tulang. Bukan hanya tulang yang mengalami pengeroposan, bahkan semua organ tubuhnya juga mengalami penurunan fungsi. Oleh karena itu sebaiknya orang tua itu tidak melakukan kegiatan-kegiatan yang terlalu berat.
Salah satu jenis olahraga yang baik dilakukan bagi orang tua yaitu melakukan jalan-jalan. Meskipaun hanya sekedar berjalan, namun olahraga ini juga berkhasiat untuk menjaga otot tubuh (terutama kaki) agar tidak kaku serta membantu memelihara tulang agar terhindar dari osteoporosis. Olahraga jalan kaki ini bisa dilakukan secara bersama-sama dengan teman atau dengan sanak keluarga agar lebih ramai dan tidak membosankan. Dengan melakukan jalan kaki secara periodik dan rutin, maka tubuh akan terasa ringan dan lebih rileks.
Jenis olahraga yoga juga baik untuk dilakukan bagi orang tua yang berusia 60 tahun ke atas. Olahraga yoga ini sangat baik untuk menjaga irama pernapasan agar lebih teratur dan tidak mudah terengah-engah saat melakukan kegiatan yang agak berat. Saat usia seseorang terbilang tua (khususnya 50 tahun lebih), mereka mulai kehilangan kemampuan untuk menjaga irama pernapasan agar tetap teratur. Sehingga pada saat melakukan kegiatan yang sifatnya lama dan agak berat mereka akan mudah merasa capek. Dengan olahraga yoga yang dilakukan secara rutin, maka kemampuan pernapasan mereka akan tetap terjaga.
Olahraga ringan terbaik untuk orang tua yang usianya 50 tahun ke atas yaitu melakukan senam. Semua jenis senam entah itu senam aerobik ataupun senam musik sangat cocok dilakukan bagi seseorang yang berusia lanjut. Bahwasannya, dengan melakukan senam secara rutin maka kebugaran tubuh akan kembali, akan meningkatkan semangat, serta cocok untuk melemaskan otot-otot pada orang tua yang mulai kehilangan kelenturan.

0 comments:

Post a Comment

 
sports news © 2011 | Designed by ardana, in collaboration with info iklan, Physics education and bali creative tour